Monday, September 25, 2017

Tutorial Super Hidden Untuk Menyembunyikan Folder File Rahasia Anda

Tutorial Super Hidden Untuk Menyembunyikan Folder File Rahasia Anda



Kali ini saya akan membagikan tutorial Super Hidden di Windows, Jadi apa itu Super Hidden? Super Hidden merupakan istilah utilities bawaan dari Windows yang memungkinkan kita untuk menyembunyikan folder/file rahasia kita. Trus bedanya apa dengan aplikasi2 hidden lainnya? jadi kalo aplikasi hidden lainya membutuhkan password untuk verifikasi, sementara untuk Super Hidden tidak perlu verifikasi password, kita hanya perlu tau commandnya di CMD.

Keunggulan lainnya dari super hidden yaitu jika kita telah menyembunyikan folder/file kita maka Windows Explorer tidak akan bisa mencarinya. Semetara untuk kekurangannya, jika ada orang lainnya yang mengetahui lokasi folder/file yang kita sembunyikan lantas ia juga tau command untuk membukanya di CMD, maka otomatis folder/file kita akan kebuka.

Kita mulai saja tutorialnya.

Dalam Tutorial ini kita akan menyembunyikan file yang berada di Local Disk D dan dalam folder Rahasia, seperti gambar dibawah ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Command Prompt (cmd) anda, bisa dengan cara lewat menu run lalu ketikkan cmd ataupun dipencarian menu start.


Selanjutnya kita arahkan ke directory folder/file yang ingin kita sembunyikan. Contoh kita disini adalah file kita berada di Local Disk D dan dalam folder Rahasia.
Command
"D:" (Untuk membuka Local Disk D. Disesuaikan dengan tempat anda menyimpan file tersebut)
"cd Rahasia" (Command cd Untuk membuka Folder. Disesuaikan dengan nama folder anda)


Jika folder yang kita ingin sembunyikan telah terbuka, maka langkah selanjutnya adalah menuliskan perintah super hidden di cmd
Command
Untuk menyembunyikan Folder/File: "attrib +s +h /s /d"

Untuk menampilkan Folder/File yang tersembunyi: "attrib -s -h /s /d"

Perlu diperhatikan yaitu untuk menyembunyikan kita menggunakan (+) sementara untuk memunculkan kita gunakan (-)

Maka Folder/File yang ingin kita sembunyikan akan ter-Super Hidden. Meskipun kapasitasnya tetap ada, tapi jika dilakukan pencarian menggunakan Windows Explore maka file tersebut tidak akan ditemukan.


Untuk Lebih Jelasnya bisa mengikuti Tutorial melalui Video berikut ini.


download file now